proyek sarana dan infrastruktur umum
PROYEK SARANA UMUM
DI KOTA DEPOK
DI KOTA DEPOK
LATAR BELAKANG
Saat
ini infrastruktur umum di Indonesia khusus nya jalan raya masih belum
memadai,karena jalan-jalan alternative yang ada di Indonesia belum memenuhi
sebagai jalan raya yang layak dan aman di lalui,sebab jalan raya atau utama masih
banyak yang berlubang dan tidak merata pembangunan nya,,yang bisa menyebabkan
terganggu nya pengguna jalan dalam melewati jalan raya tersebut.
Saya di sini selaku mahasiswa teknik sipil universitas gunadarma ingin mengulas sedikit tentang proyek jalan raya yang ada di daerah margonda,depok Indonesia.depok adalah kota semi metropolitan yang berada di jawa barat,tepat nya disebelah kota Jakarta.depok yang sudah menjadi kota tentu harus memberikan fasiltas dan infrastruktur yang nyaman buat warganya.kkhusus nya jalan raya,depok saat ini sudah memiliki jalan raya besar dibeberapa tempat seperti margonda,sawangan,depok 1,depok 2,dll.
Di margonda adalah daerah yang saya tuk tempat survei proyek dengan teman teman kelompok.jalan raya yang ada di margonda sudah cukup bagus karena jalanan nya minim berlubang dan jarang ada penambalan jalan.tetapi yang menjadi masalah utama di margonda adalah kemacetan,karena pasti tiap pulang kerja warganya yang dari Jakarta atau kelapa dua pasti melewati margonda untuk pulang ke depok ataupun sebaliknya,yang dari arah margonda ke Jakarta atau ke kelapa dua.untuk mengatasi masalah kemacetan ini pemerintah kota depok dan PT. Daksina Persada bersama-sama mengerjakan proyek pelebaran jalan dari arah margonda ke kelapa dua yang berada tepat di bawah fly over universitas Indonesia.pelebaran jalan ini bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas dan menguragi kemacetan.
Proyek ini mulai berjalan dari tanggal 7 september 2016 dan akan rampung/selesai pada tanggal 25 desember 2016.proyek ini di biayai oleh APBD dengan total Rp 19.351.987.000.-
Saya di sini selaku mahasiswa teknik sipil universitas gunadarma ingin mengulas sedikit tentang proyek jalan raya yang ada di daerah margonda,depok Indonesia.depok adalah kota semi metropolitan yang berada di jawa barat,tepat nya disebelah kota Jakarta.depok yang sudah menjadi kota tentu harus memberikan fasiltas dan infrastruktur yang nyaman buat warganya.kkhusus nya jalan raya,depok saat ini sudah memiliki jalan raya besar dibeberapa tempat seperti margonda,sawangan,depok 1,depok 2,dll.
Di margonda adalah daerah yang saya tuk tempat survei proyek dengan teman teman kelompok.jalan raya yang ada di margonda sudah cukup bagus karena jalanan nya minim berlubang dan jarang ada penambalan jalan.tetapi yang menjadi masalah utama di margonda adalah kemacetan,karena pasti tiap pulang kerja warganya yang dari Jakarta atau kelapa dua pasti melewati margonda untuk pulang ke depok ataupun sebaliknya,yang dari arah margonda ke Jakarta atau ke kelapa dua.untuk mengatasi masalah kemacetan ini pemerintah kota depok dan PT. Daksina Persada bersama-sama mengerjakan proyek pelebaran jalan dari arah margonda ke kelapa dua yang berada tepat di bawah fly over universitas Indonesia.pelebaran jalan ini bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas dan menguragi kemacetan.
Proyek ini mulai berjalan dari tanggal 7 september 2016 dan akan rampung/selesai pada tanggal 25 desember 2016.proyek ini di biayai oleh APBD dengan total Rp 19.351.987.000.-
Berikut
wawancara proyek yang telah kami survey,
Dan
ini adalah bukti-bukti bahwa kami telah mensurvey proyek jalan raya margonda;
gambar 3,alat pemotong kawat baja yang sedang di gunakan oleh kuli proyek.
gambar 4, ketika kami berpose dengan bapak SUGINO selaku
penanggung jawab proyek pelebaran jalan raya margonda.
penanggung jawab proyek pelebaran jalan raya margonda.
gambar 5,kondisi jalan yang baru di timbun bebatuan dan sebelum di cor.
gambar 6,kondisi jalan yg setengah di cor dan belum di timbun bebatuan.
gambar 7,sloof baja dan pipa paralon adalah salah satu bahan yang di gunakan
untuk membuat gorong-gorong dan pelebaran jalan.
untuk membuat gorong-gorong dan pelebaran jalan.
gambar 8,rincian bahan yang di gunakan di proyek.
gambar 9.gorong-gorong setengah jadi yang sekaligus multifungsi
sebagai trotoar
sebagai trotoar
gambar 10, kemacetan di jalan raya margonda ketika proyek
sedang berlangsung.
sedang berlangsung.
Demikianlah laporan hasil kegiatan wawancara ini, kami buat dengan
sebenar-benarnya. Semoga infratruktur untuk sarana dan prasarana umum di
Indonesia semakin baik diseluruh daerahnya agar dapat mencetak masyarakat yang
berbudi luhur dan membanggakan Indonesia. Ucapan terima kasih saya tujuka
kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kemudahan kepada kami
sehingga terlaksana wawancara ini. Serta kepada Dosen Ilmu Sosial Dasar, Ibu
Reni Fitriani, S.IKom karena adanya tugas ini mampu memberikan suatu pengajaran
serta pengasahan skill kami dibidang Ilmu Sosial Dasar dan dapat mengasah
mental kami dalam mewawancarai tugas ini. Mohon maaf sebesar-besarnya jika
terdapat kesalahan serta kekurangan dalam hasil wawancara ini, semoga dapat
dijadikan pertimbangan dalam tugas wawancara selanjutnya.
Jakarta, 24 November 2016.
Artikel dibuat oleh
: Herlangga Agus Rino Pratama (13316286)
Anggota Kelompok :
Jericho Al Pasyakh Hutabarat
(13316701)
Nilam Khaerunisyah Trisurti
(15316428)
Kelas
: 1TA04
Mata Kuliah
: Ilmu Sosial Dasar
Dosen
: Reni Fitriani, SIKOM.
Universitas Gunadarma
DAFTAR
PUSTAKA
https://m.tempo.co/read/news/2016/06/13/083779251/wali-kota-depok-diminta-ubah-kebijakan-pembangunan-jalan
http://www.depok.go.id/23/11/2016/01-berita-depok/wali-kota-depok-tinjau-pelebaran-jalan-margonda
http://www.beritasatu.com/megapolitan/78665-jalan-margonda-dilebarkan-halaman-toko-tersita.html
http://poskotanews.com/2016/11/24/bangun-jalan-di-bundaran-ui-depok-digelontorkan-rp19-miliar/
Komentar
Posting Komentar