Beberapa Jenis Alat Berat

Alat berat adalah mesin berukuran besar yang didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah (earthworking) dan memindahkan bahan bangunan. Alat berat umumnya terdiri atas lima komponen, yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya (power train), serta sistem kendali. Sesuai dengan namanya, alat berat biasanya digunakan untuk membantu manusia mengerjakan pekerjaan yang berat seperti pembuatan danau, pembuatan jalan dan lain sebagainya.

Banyak yang mengira bahwa alat berat hanya tertuju pada mobil mobil berukuran besar seperti excavator dan lain sebagainya padahal definisi alat berat tidak hanya pada pekerjaan konstruksi. Dalam pertanian, truk pengangkut, traktor dan sebagainya juga disebut sebagat alat berat.

1.  ASPHALT FINISHER

Fungsi asphalt finisher:
- Untuk menghamparkan campuran aspal yang dihasilkan dari alat produksi aspal. Terdapat dua jenis asphalt finisher yaitu jenis crawler yang menggunakan roda kelabang dan jenis roda karet.
Kelebihan asphalt finisher:
- Kelebihan dari asphalt finisher roda kelabang adalah dalam hal daya ambang (flotation), traksi, dan penghamparannya lebih halus serta lebih datar dibandingkan asphalt finisher yang menggunakan roda karet dengan ukuran yang sama. Kelebihan dari asphalt finisher roda karet adalah dalam hal manuver yang lebih cepat.
Kekurangan asphalt finisher:
- Kekurangan yang roda kelabang manuver lebih lama,yang roda karet daya ambangnya lebih kasar.
berikut contoh di dalam video berikut:


2. OFF HIGHWAY TRUCK
Off-highway trucks (OHT) merupakan salah satu jenis alat berat dan memiliki kemiripan dengan highway dump trucks. OHT yang berukuran besar biasanya digunakan untuk bidang pertambangan dan pengangkutan kotoran yang berat. . Beban rata-rata yang diangkut adalah 71,77 ton, padahal beban maksimal yang diperbolehkan adalah 90 ton. OHT yang mengalami crack masih beroperasi selama 12.000-15.000 Hour Meter (HM) padahal umur rancangan adalah 50.000 HM.
ini sebuah contoh dalam video berikut;


3. PIPELAYERS (SIDES BOOM)
Peralatan ini bervariasi dalam konfigurasi dari kategori manlift,dimana mesin-mesin yang di gunakan untuk mengangkat personel,menyediakan bagian yang dapat di tinggikan dimana mereka dapat bekerja.mengangkat dan lifting melibatkan pertimbangan khusus,seperti kapasitas mesin pada kondisi radius tertentu,kecepatan angin dan tanah yang di berikan beban.selama beberapa tahun terakhir,banyak alat pengangkut personel yang telah di kembangkan,dimulai dengan hanya booming indikator sudut untuk memuat indikator pengukuran dan perangkat di layar komputer.
ini sebuah contoh dalam video berikut;

Komentar

Postingan Populer